PEMODELAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PROSES PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI DI SATLANTAS POLRES AMBON MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK ORDINAL

  • Abraham Z. Wattimena Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Mozart W. Talakua Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Mozart W. Talakua Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Vanbasten Temartenan Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: kualitas pelayanan, model regresi logistik ordinal, odds ratio.

Abstract

menggunakan analisis regresi logistik ordinal. Tujuan penelitian ini adalah menentukan model yang dapat digunakan untuk menganalisa faktor-faktor yang signifikan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan masyarakat dalam proses pelayanan pembuatan SIM di Satlantas Polres Ambon. Sebanyak 102 responden disurvei terhadap empat variabel yang diamati yakni: cara pelayanan, jalur birokrasi, biaya pengurusan, dan informasi pengurusan. Hasil persamaan regresi logistik ordinal dari empat variabel yang diteliti terdapat tiga variabel bebas yang berpengaruh secara signifikan mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan SIM di Satlantas Polres Ambon. Variabel tersebut adalah cara
pelayanan (𝑋1), biaya pengurusan (𝑋3), dan informasi pengurusan (𝑋4). Sehingga model regresi logistik ordinal yang terbentuk untuk tingkat kepuasan masyarakat adalah:
πΏπ‘œπ‘”π‘–π‘‘ ( π‘Œ0 ) = 12,932 + 0,477 X1 + 0,327 X3 + 0,562 X4
πΏπ‘œπ‘”π‘–π‘‘ ( π‘Œ1 ) = 14,968 + 0,477 X1 + 0,327 X3 + 0,562 X4
πΏπ‘œπ‘”π‘–π‘‘ ( π‘Œ2 ) = 17,031 + 0,477 X1 + 0,327 X3 + 0,562 X4
Penelitian ini selain menganalisa kepuasan masyarakat akan tetapi sebagai bahan masukan bagi kantor Satlantas Polres Ambon dalam mengevaluasi kinerja dan mengambil kebijakan untuk dapat terus mengutamakan kepuasan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Agresti, Categorial Data Analysis, New York: John Wiley & Sons. Inc, 1990.
[2] A. Agresti, Categorial Data Analysis, Second Edition, New York: John Wiley & Sons, Inc., 2002.
[3] A. Lisna and H. R. V., β€œAnalisa Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi di Satlantas Polres Tapanuli dengan Regresi Logistik,” Jurnal Saintia Matematika, pp. 435-444, 2013.
[4] A. Widarjono, Ordinal Logistik Regression, New York: Wiley & Sons, 2010.
[5] D. L. S. Hosmer, Applied Logistic Regression, Second Ed, Singapura: John Wiley & Sons. Inc, 2000.
[6] D. W. Hosmer and S. Lemeshow, Applied Logistic Regression, First Edition, New York: John Wiley & Sons, Inc., 1989.
[7] D. Kleinbaum and M. Klein, Logistic Regression, New York: Springer-Verlag, 2002.
[8] F. Tjiptono, Perspektif Manajemen dan Pemasaran, Yogyakarta: Andy offset, 1996.
[9] M. Albana, β€œAplikasi Regresi Logistik Ordinal Untuk Menganalisa Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan di Stasiun Jakarta Kota,” Universitas Pakuan, Bogor, 2013.
Published
2018-04-30
How to Cite
[1]
A. Wattimena, M. Talakua, M. Talakua, and V. Temartenan, β€œPEMODELAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PROSES PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI DI SATLANTAS POLRES AMBON MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK ORDINAL”, BAREKENG, vol. 11, no. 2, pp. 85-94, Apr. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>