ANALISIS CLUSTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKKAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI MALUKU BERDASARKAN INDIKATOR INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TAHUN 2014

  • Mozart W. Talakua Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Zeth A. Leleury Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • A. W. Taluta Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: analisis klaster, indeks pembangunan manusia, k-means cluster.

Abstract

Pembangunan manusia merupakan suatu tujuan utama untuk mengukur keberhasilan sebuah negara. Salah satu aspek penting untuk mengukur tingkat pembangunan manusia adalah masyarakat yang unggul dari segi kuantitas dan kualitas, maka dilihat dari tiga dimensi kehidupan yaitu peluang hidup, pengetahuan, dan kehidupan yang layak. Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan algoritma k-means untuk mengelompokkan kabupaten/kota di Provinsi Maluku berdasarkan kemiripan karakteristik daerah yang ditinjau dari lima ukuran Indeks Pembangungan Manusia (IPM). Lima ukuran tersebut adalah Angka Harapan Hidup (AHH), Angka Melek Huruf (AMH), Rata-rata Lama Sekolah (RLS), dan Pengeluaran Per Kapita (PPK). Terdapat tiga cluster berdasarkan IPM yaitu: cluster 1: Kota Ambon, yang mempunyai angka IPM sangat maksimal. Cluster 2: MTB, Kepulauan Aru, SBB, SBT, MBD, dan Bursel, yang mempunyai angka IPM, AHH, AMH, RLS, dan PPK. Cluster 3: Malra, Malteng, Buru, Tual mempunyai angka IPM. AHH, AMH, RLS dan angka PPK. Berdasarkan angka Indeks Pembangunan Manusia, Angka Harapan Hidup, Angka Melek Huruf, Angka Rata-rata Lama Sekolah dan angka Pengeluaran Per Kapita, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tahun 2014.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdyo and H. Permadi, Metode Statistika Praktis, Malang: Universitas Negeri Malang, 1999.

B. P. S. P. Maluku, “Indikator Indeks Pembangunan Manusia 2010-2014,” Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku, Juli 2014. [Online]. Available: https://maluku.bps.go.id/subject/26/indeks-pembangunan-manusia.html. [Accessed Juli 2014].

B. P. S. P. Maluku, “Indikator Kesejahteraan Rakyat Provinsi Maluku 2014,” Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku, [Online]. Available: https://maluku.bps.go.id/publication/2015/09/30/6cc18acb861407726a19addc/ indikator-kesejahteraan-rakyat-provinsi-maluku-2014.html.

Windha Mega P. D., “Clustering Menggunakan Metode K-Means Untuk Menentukan Status Gizi Balita,” Jurnal Informatika, vol. 15, no. No.2, pp. 160-174, 2015.

Published
2018-04-30
How to Cite
[1]
M. Talakua, Z. Leleury, and A. Taluta, “ANALISIS CLUSTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKKAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI MALUKU BERDASARKAN INDIKATOR INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TAHUN 2014”, BAREKENG, vol. 11, no. 2, pp. 119-128, Apr. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>