ANALISIS HARGA SAHAM PT. ANTAM tbk BERDASARKAN HARGA EMAS DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLAR MENGGUNAKAN MODEL AUTOREGRESSIVE DISTRIBUTED LAG

  • Lexy J. Sinay Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Fitri R. N. Tihurua Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Dorteus L. Rahakbauw Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Autoregressive Distributed Lag (ARDL), kointegrasi, PT. ANTAM tbk.

Abstract

Saham adalah secarik kertas yang menunjukkan hak pemodal yaitu pihak yang memiliki kertas tersebut untuk memperoleh bagian dari prospek atau kekayaan organisasi yang menerbitkan sekuritas tersebut, dan berbagai kondisi yang memungkinkan pemodal tersebut menjalankan haknya. PT. ANTAM tbk adalah sebuah perusahaan pertambangan di Indonesia yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal yang berorientasi dibidang ekspor. Kegiatan perusahaan ini mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari komoditas bijih nikel, feronikel, emas, perak, bauksit dan batubara. Dengan menggunakan model ARDL peneliti ingin mengetahui hubungan antara harga saham PT. ANTAM tbk dengan harga emas dan nilai tukar dolar terhadap rupiah. Model ARDL adalah model yang digunakan untuk melihat adanya pengaruh variabel dependen (Y) dan variabel independen (X) dari waktu ke waktu termasuk pengaruh varibel dependen (Y) dari masa lalu terhadap nilai varibel dependen (Y) masa sekarang. Dari hasil pengujian Bounds pada model ARDL(2,5,5) untuk masing-masing tingkat kepercayaan 90%, 95%, 97,5%, dan 99%, diperoleh bahwa nilai Statistik-F yaitu 2,6148 lebih kecil dari pada nilai kritis batas bawah (lower bound), maka hipotesis nol diterima sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat hubungan jangka panjang (tidak terkointegrasi) pada model ARDL (2,5,5). Dengan demikian, dalam jangka pendek harga emas dan nilai tukar dolar terhadap rupiah mempengaruhi harga saham PT. ANTAM tbk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] H. Suad, “Manajemen Keuangan,” 4th penyunt., Yogyakarta, BPFE, 2008.
[2] D. N. Gujarati dan D. C. Porter, “Dasar-dasar Ekonometrika,” 5th penyunt., Jakarta, Salemba Empat, 2013.
[3] N. I. Pradasari, F. T. P. W. dan D. Triyanto, “Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan untuk memprediksi Penyakit Saluran Pernapasan dengan Metode Backpropagation,” Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. 1, no. 1, 2013.
[4] D. N. Gujarati, “Basic Econometrics,” 4th penyunt., New York, McGraw-Hill Companies, Inc., 2003.
[5] N. Jatiningrum, “Model Dinamis : Autoregressive dan Distribusi Lag,” Yogyakarta, 2008.
[6] H. Suad, “Manajemen Keuangan,” 4th penyunt., Yogyakarta, BPFE, 2008.
[7] D. Nachrowi dan U. Hardius, Penggunaan Teknik Ekonometrika, Jakarta: PT. Raja Grafindo Parsada, 2002.
[8] W. Enders, Applied Econometric Time Series, New York: John Willey and Sons, Inc, 2004.
[9] D. N. Nachrowi, Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan, Jakarta: Fakultas ekonomi Universitas Indonesia, 2006.
[10] I. Z. Alwi, Pasar Modal Teori dan Aplikasi, jakarta: Yayasan Pancur Siwah, 2008.
[11] Wei dan W. S. Wiliam, Time Series Analysis Univariate and Multivariate, Addison-Wesley Publishing Company, 1990.
[12] H. M, S. Yongcheol dan J. S. Richard, Bound Testing Approachs to The Analysis of Level Relationship, Cambridge: University of Cambridge, 2001.
[13] J. Supranto, Ekonomika I, Jakarta: LPFE VI Jakarta, 1989.
[14] J. Supranto, Ekonometrika II, Jakarta: LPFE-UI, 1995.
Published
2018-05-16
How to Cite
[1]
L. Sinay, F. Tihurua, and D. Rahakbauw, “ANALISIS HARGA SAHAM PT. ANTAM tbk BERDASARKAN HARGA EMAS DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLAR MENGGUNAKAN MODEL AUTOREGRESSIVE DISTRIBUTED LAG”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 12, no. 1, pp. 53-62, May 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>