PENGARUH ARTIKULASI MANFAAT PRODUK, KUALITAS RELASIONAL, RADAR KOMPETITIF TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEMASARAN
STUDI KASUS PADA PEMASAR PAKAIAN DI KOTA PIRU, SERAM BAGIAN BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan Pengaruh Artikulasi Manfaat Produk, Kualitas Relasional dan Radar Kompetitif Terhadap Keunggulan Bersaing dan Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran Pemasar Pakaian di Kota Piru Seram Bagian Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer serta diukur dengan skala likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 responden pemasar pakaian di pasar rakyat kota piru seram bagian barat. Penelitian ini menggunakan metode analisis PLS-SEM yang diolah dengan program SmartPLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa artikulasi manfaat produk (X1) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing (Z), sementara kualitas relasional (X2) dan radar kompetitif (X3) memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu, keunggulan bersaing (Z) juga memiliki dampak yang signifikan pada kinerja pemasaran (Y).
Downloads
References
Aristiyo, R., & Murwatiningsih. (2017). Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Dengan Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Kemitraan. Management Analysis Journal, 6 (1)(1).
Asnawi, A. (2022). Berpindah Merek Produk Saat Covid19: Pengaruh Pengetahuan Produk dan Pemasaran Media Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4131-4143.
Cahyani, A. A., Mallongi, S., & Mahmud, A. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1). https://doi.org/10.33096/paradoks.v4i1.768
Darmayanti, S., Putri, N. R., Febriyanti, F. R., Listiawan, E., Chandra, V. A., & Putra, R. B. (2022). Penerapan Sistem Pemasaran Media Sosial dan Kreativitas Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM Bintang Nauli Boneka. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1). https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3427
Kencana, P. A. P., & Giantari, I. G. A. K. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran. Buletin Studi Ekonomi. https://doi.org/10.24843/bse.2021.v26.i02.p03
Lestari, W. P., & Ruswanti, E. (2016). Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Mediasi Kualitas Relasional (Studi Pada Nasabah Prioritas Bank Di Indonesia). Jurnal Media Manajemen Jasa, 2(2).
Maudina, L. A. (2015). Proses Pembelajaran Artikulasi Lagu Dalam Pembelajaran Vokal Untuk Anak Usia 7 Tahun (Studi Kasus di All Mozart Music Course & Studio Kudus). Universitas Negeri Semarang.
Nasir, A. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Mebel Di Kabupaten Pasuruan. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 6(2). https://doi.org/10.33366/ref.v6i2.528
Nasution, N. P., Zulfadil, Z., & Setiawan, D. (2021). Pengaruh Manajemen Pengetahuan Dan Pembelajaran Organisasi Terhadap Inovasi Serta Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing PT. Bank Riau Kepri. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 11(1). https://doi.org/10.37859/jae.v11i1.2529
Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2).
Paramita, C. (2015). Pengaruh Kompetensi Individu, Orientasi Kewirausahaan dan Pesaing dalam Mencapai Keunggulan Bersaing Melalui Kualitas Produk Studi pada UKM Furnitur di Kota Semarang. DeReMa (Development Research of Management) Jurnal Manajemen,
(1). https://doi.org/10.19166/derema.v10i1.160
Pattipeilohy, V. R. (2018). Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). JURNAL MANEKSI, 7(1). https://doi.org/10.31959/jm.v7i1.78
Perkasa, D. H., Utomo, A. J., & Abidin, Z. (2018). Pengaruh Kompetensi Menggunakan IT dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing E-Commerce Bisnis Umkm Fashion ( Studi Kasus UMKM Jakarta Barat dan Tangerang Selatan ).Jurnal Ilmiah Menajemen Bisnis, 4(1), 39–52.
http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_252559529315. pdf
Prabowo, A., & Sukarno, G. (2019). Kontribusi Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Peran Keunggulan Bersaing. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 4(1). https://doi.org/10.33005/mebis.v4i1.50
Rahadhini, M. D., & Lamidi, L. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Melalui Keunggulan Bersaing di Kota Solo. J-MKLI (Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia), 4(2). https://doi.org/10.26805/jmkli.v4i2.109
Sarandang, G., Soegoto, A. S., & Ogi, I. (2014). Pemasaran Relasional, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Mie Steven Pada UD. Sehati. Jurnal EMBA, 2(3).
Sriwartini, Y. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Media Cetak Lokal Dalam Menghadapi Era KompetitiF: Studi Pada Radar Depok dan Radar Bogor. Jurnal Ilmu Dan Budaya.http://journal.unas.ac.id/ilmubudaya/article/view/364%0Ahttp://journal.unas.ac.id/il mu-budaya/article/download/364/258
Surya Dewi Kusuma, F., & Devie. (2013). Analisa Pengaruh Knowledge Management Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Accounting Review, 1(2).
Copyright (c) 2023 Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.