PENGARUH ARTIKULASI MANFAAT PRODUK, KUALITAS RELASIONAL, RADAR KOMPETITIF TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEMASARAN

STUDI KASUS PADA PEMASAR PAKAIAN DI KOTA PIRU, SERAM BAGIAN BARAT

  • Reka Bugis Universitas Pattimura
  • Aisah Asnawi Univeristas Pattimura
  • Etvin Rizal Tamher Univeristas Pattimura
  • Siska Jeanete Saununu Univeristas Pattimura
Keywords: artikulasi manfaat produk, kualitas relasional, radar kompetitif, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan Pengaruh Artikulasi Manfaat Produk, Kualitas Relasional dan Radar Kompetitif Terhadap Keunggulan Bersaing dan Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran Pemasar Pakaian di Kota Piru Seram Bagian Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer serta diukur dengan skala likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 responden pemasar pakaian di pasar rakyat kota piru seram bagian barat. Penelitian ini menggunakan metode analisis PLS-SEM yang diolah dengan program SmartPLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa artikulasi manfaat produk (X1) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing (Z), sementara kualitas relasional (X2) dan radar kompetitif (X3) memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu, keunggulan bersaing (Z) juga memiliki dampak yang signifikan pada kinerja pemasaran (Y).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-12
How to Cite
Bugis, R., Asnawi, A., Tamher, E., & Saununu, S. (2023). PENGARUH ARTIKULASI MANFAAT PRODUK, KUALITAS RELASIONAL, RADAR KOMPETITIF TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEMASARAN. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 1-16. https://doi.org/10.30598/manis.7.1.1-16