ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GEN Z TERHADAP DISKON, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN DI MARKETPLACE SHOPEE

(Studi Pada Mahasiswa/i Program Studi Manajemen Universitas Mercu Buana Meruya)

  • Muhamad Robby Firlyana Universitas Mercu Buana
  • Aldina Shiratina Universitas Mercu Buana
Keywords: Diskon, Promosi, Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Diskon, Promosi dan Kepercayaan Konsumen terhadap
Keputusan Pembelian di marketplace Shopee pada Gen Z. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Metode penelitian ini dilakukan dengan analisis memakai software Partial Least Square (Smart-PLS) versi 4.1.0.6 dengan sampel yang digunakan sebanyak 200 responden Gen Z yang dimana merupakan Mahasiswa/I Program Studi Manajemen Univerusitas Mercu Buana Meruya dengan metode pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian tetapi Kepercayaan Konsumen berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auli, S., Basalamah, M., & Millannintyas, R. (2021). Pengaruh Diskon dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commwece Shopee. E-Jurnnal Riset Manajemen, 111-121.

Fatimah, H., & Nurtantiono, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi , Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Sinar Manajemen, 106-113.

Fransiska, & Nina, P. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Bandung. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi Bisnis, 8(4).

Ghozali, I. (2014). Aplikasi Multivariate Lanjutan Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares: Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Santoso, M. W., Widodo, J., & Zulianto, M. (2022). PENGARUH DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA KESILIR KABUPATEN JEMBER. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 24-29.

UMN, C. (2021). Mana Juara di Hati Gen Z? Retrieved from https://jeo.kompas.com/shopee- atau-tokopedia-mana-yang-juara-di-hati-gen-z

Wicaksana, P. S., & Baldah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi di PT. Mitra Indah Properti. Jurnal Pelita Ilmu,

Published
2024-11-22
How to Cite
Firlyana, M., & Shiratina, A. (2024). ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GEN Z TERHADAP DISKON, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN DI MARKETPLACE SHOPEE. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 1-11. https://doi.org/10.30598/manis.8.1.1-11