PENGARUH ONLINE COSTUMER REVIEW DAN ONLINE COSTUMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PENGGUNA SHOPEE DI KOTA AMBON)

  • Nirmaulana Nirmaulana Universitas Pattimura
  • R.A. Aisah Asnawi
  • Sammy Saptenno
Keywords: penilaian pelanggang online, ulasan pelanggang online, Shopee, toko online, keputusan pembelian

Abstract

Temuan  ini bertujuan untuk meneliti pengaruh ulasan pelanggan, penilaian pelanggan, terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce shopee di Kota Ambon. Lebih komprehensif, penelitian ini mengisi gap dan ketidakonsistenan dalam penelitian  sebelumnya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi asosiatif, adapun populasi penelitian adalah pengguna shopee di Kota Ambon yang telah melakukan pembelian, sejumlah 100 sampel yang diambil melalui teknik purposive sampling dan mengaplikasikan Structural Equation Modeling (SEM) PLS untuk menganalisis responden pengguna shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dua hipotesis yang diuji keduanya diterima,  ulasan pelanggan, dan rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina L, Kurniawan F. (2018) Sistem reputasi penjual dalam proses pengambilan keputusan pembelian di platform C2C e-commerce. Jurnal Komunikasi Indonesia. 7(1). 28-43.

Ananda, et al . (2023) Online customer review, online customer rating, and payment guarantee influence on purchase intention. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagaditha. Volume 10, Nomor 2, 2023, pp. 125-133

Angelique et al. (2021). Pengaruh online review & costumer experience terhadap brand image & purchase intention di Painters. Performa : Jurnal Manajemen dan start up Bisnis, Volume 6, Nomor 6, 484-493

Ardianti, A. N., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee. JIAB, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 55-66.

Ardyanto D, Susilo H, Riyadi. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan e-commerce terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen www.petersaysdenim.com). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya. 2015;22(1):85897.

Asnawi, R. A., Tehuayo, E., & Pelupessy, M. M. (2025). Menguasai e-commerce: Masa depan penjualan di dunia (117 hlm). Takaza Innovatix Labs.

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 295, 336

CNN Indonesia "Dominasi Pasar E-Commerce, Shopee Unggul dari Para Pemain Lain" (2023). Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230626105528-97-966554/dominasi-pasar-e-commerce-shopee-unggul-dari-para-pemain-lain

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review dan Online Customer Rating oada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.

Ilmiyah K, Krishernawan I.(2020). Pengaruh ulasan produk, kemudahan, kepercayaan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen. 6(1):31-42.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework For Marketing Management (P. 352) (Boston, Ed.). MA: Pearson.

Lidwina A. Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. databoks.katadata.co.id. (2021). Diaksses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

Rahman, A.M. (2022). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian di Tokopedia (studi kasus pada pengguna tokopedia di kecamatan Medan johor). Skripsi : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area.

Rohmah, M., Rizal, M., & Athia, I. (2024). Pengaruh online customer rating, online customer review, cash on delivery (cod), dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian di e-commerce Lazada. Jurnal Riset Manajemen Bisnis Unisma. 13(01):419-428.

Septiani fauziah. (2022). Dasar - dasar pemasaran digital. Cipta Media Nusantara

Setyaningrum, V., Pebrianggara, A., & Indayani, L. (2025). Pengaruh Ulasan Produk, Kepercayaan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Marketplace Shopee. Ekonomis: Journal of Economics and Business.

Siti Noor Aisyah, & Syaiko Rosyidi. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Customer Review, Customer Rating Dan Promosi Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. Jurnal Kompetitif, 12(1), 48–60. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.83

Sugiyono. (2017:48) metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: alfabeta.

Published
2025-09-23
How to Cite
Nirmaulana, N., Asnawi, R., & Saptenno, S. (2025). PENGARUH ONLINE COSTUMER REVIEW DAN ONLINE COSTUMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PENGGUNA SHOPEE DI KOTA AMBON). Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 10-19. https://doi.org/10.30598/manis.9.1.10-19