PENGARUH ATMOSFER CAFE, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KOSU CAFFEE AND LOUNGE
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Atmosfer Cafe, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kosu Caffee And Lounge. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan kuesioner dan data statistik diukur menggunakan skala likert. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan aplikasi G*Power 3.1 dengan total 119 sampel. Responden penelitian ini adalah konsumen Kosu Caffee And Lounge. Analisis data menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atmosfer Cafe tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,119, Kualitas Produk berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan Kualitas Pelayanan juga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,005.
Kata kunci: Atmosfer Cafe, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran. Penerbit RajaGrafindo Persada.
Alamsyah, & Harahap. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam: Studi Kasus pada Konsumen Mini Market Anugerah Mart Rangkasbitung. http://eprints.untirta.ac.id
Alfajar Putra, M. A., & Maimunah, S. (2021). Pengaruh Atmosfer Cafe, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Station Coffee Premium Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, Vol. 10 No(ISSN: 2338-2864), 49–56.
Alma, B. (2022). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Ana, S. R. (2022). Manajemen Pemasaran Jasa. CV. Pustaka Ilmu.
Ariani. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Perilaku Konsumen sebagai Variabel Intervening. YUME: Journal of Management, 8(1.1), 446–454. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/8049
Arinawati. (2021). Manajemen Strategi Pemasaran. Deepublish.
Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran Produk dan Jasa. Deepublish.
Azwar, S. (2020). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.
Bansaleng, J. M., Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu XL di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 331–340. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34722
Berman, B., & Evans, J. R. (2018). Retail Management: A Strategic Approach (13th ed.). Pearson.
Budiarno, Y., & others. (2022). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen Perusahaan, 10(4), 55–70.
Devina, A. M., & Yulianto, A. E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen pada Café Tenda Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(10), 1–16. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4961
Firmansyah, H. (2019). Pemasaran Produk. Mitra Wacana Media.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamirul. (2020). Manajemen Kualitas Pelayanan. Prenada Media.
Handi, M., & et al. (2024). Vol. 13. No. 02 ISSN : 2302 - 7061. Pengaruh Harga, Kualitas Layanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cafe And Resto Mindi Kec. Tutur, 13(02), 221–232. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/26033/19719
Hasan, A. (2018). Marketing. Media Pressindo.
Indrasari, M. (2019). Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Indriastuty, N. H., Hadiyanto, D., & Juwari. (2017). Store atmosphere mempengaruhi keputusan pembelian pada retailer Giant Ekstra Balikpapan. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Ekonomi Dan Bisnis (SNAPER-EBIS), 269–283.
Jeany, A. P., & Siagian, M. (2020). Strategi Pemasaran Jasa. CV. Laskbang Grafika.
Kasinem, T. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Manajemen Perhotelan, 4(2), 33–45.
Kotler, & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (15th ed.). Erlangga.
Levy, M., & Weitz, B. A. (2017). Retailing Management (9th ed.). McGraw-Hill Education.
Marković, S., & Janković, S. R. (2013). Exploring the Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction in Croatian Hotel Industry. Tourism and Hospitality Management, 19(2), 149–164. https://thm.fthm.hr/images/issues/vol19no2/1_Markovic_RasporJankovic.pdf
Mu’tashim, M. I., & Slamet, A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Coffee Shop di Kota Bogor). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 10(2), 118–132. https://doi.org/10.29244/jmo.v10i2.30131
Novia M. A., S. B., & Imaduddin, I. (2024). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen Keuangan Dan Bisnis, 9(1), 67–82.
Nur, A., & Ali, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Atmosfer Caffe Dan Kualitas Layanan (Studi Kasus Pada Konsumen Kedai Kami Ngaliyan, Semarang). Jurnal Mirai Management, 7(2), 465–482. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/2220%0Ahttps://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/2220/1473
Nurhanifah, A., & Sutopo. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada PT. Maharani Tri Utama Mandiri Cabang Semarang). Diponegoro Journal of Management, 3(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/12912
Oktaviani, N. P., & Irawati, W. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas Pada PT. Abadi Megah Motor Jombang. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 6(2), 233–241. https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5930
Putra, & Wimba. (2021). Pengaruh store atmosphere, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Pizza Hut cabang Gatot Subroto Denpasar. Jurnal Manajemen, 9(1), 24–33.
Rahardjo, M., & Yulianto, R. A. (2021). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Pemasaran Modern. Salemba Empat.
Riyani, H. (2016). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Layanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Malindo Corner di Kebumen. Bisnis Dan Manajemen, 8(4), 1–23. https://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/688/
Rusmawan, T. (2018). Strategi peningkatan kualitas produk dalam persaingan bisnis. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 11(3), 45–60.
Sharma, A., & others. (2014). Service Quality Management in Hospitality, Tourism, and Leisure. CABI.
Siagian, R., et al. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STRORE ATMOSPHERETERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BRAVO RESTO. Syntax Idea, 2507(February), 1–9.
Sinulingga, R. (2021). Kualitas produk sebagai faktor penentu kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 34–50.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syarifah, N., & Sutrisna, E. (2024). Pengaruh store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Leng Coffee, Pekanbaru. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(2), 90–105.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi.
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern di Indonesia. Salemba Empat.
Waluyo, A., & Lethimen, C. (2020). Kualitas Pelayanan dalam Industri Jasa. Graha Ilmu.
Copyright (c) 2025 Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.