PERAN CONTENT MARKETING, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN CAKEABLE SIDOARJO

  • Mega Putri Auliya Romadhoni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Komala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Tofan Tri Nugroho Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Content Marketing, Online Customer Review, Social Media Marketing, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Content Marketing, Online Customer Review dan Social Media Marketing terhadap Minat Beli Konsumen Cakeable Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan populasinya adalah konsumen dan calon konsumen Cakeable Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non - probability sampling melalui pendekatan purposive sampling dengan banyaknya responden sejumlah 100 konsumen. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan jawaban diukur menggunakan skala likert. Analisa data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS 3.0. hasil penelitian membuktikan bahwa Content Marketing berpengaruh terhadap Minat Beli konsumen Cakeable Sidoarjo, Online Customer Review berpengaruh terhadap Minat Beli konsumen Cakeable Sidoarjo, Social Media Marketing berpengaruh terhadap Minat Beli konsumen Cakeable Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, Resha., & Cahya, Septyan Budi (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Mafia Gedang Di Kota Surabaya, Pengaruh Content Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Mafia Gedang Di Kota Surabaya, JPTN: Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol 11. No 3 2023. Doi: 10.26740/ptn.771. 325-333.

Adinda, Putri Adhayana, Aulia Putri Utami, Fitrianingsih & Imelda Mardayanti, Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Qiaghi Dimsum Tebing Tinggi”. Jurnal Manajemen Pendidikan vol 13 no 1 Januari 2025. doi: 10.33751/jmp.v13i1.12052.

Afnarius, Surya, Farid Subkhan, Antasia Eka Putra, Amron, Endrianur Rahman Zain, Febri Nova Lenti, Sengguruh Nilowardono, Susi Andriani, Arie Surachman, Dian Novita, Lia Febria Lina, Fajar Adi Prakoso & Ari Wibowo. Buku Ajar Digital Marketing. Cetakan Pertama. Banjaran: Eureka Media Aksara, 2024. ISBN: 978-623-120-714-2

Amir, Andi Subhan, Ramli, Deni Malik, Firmansyah, Hana Pertiwi, Basri, Indra, Kharies Dwi Manossoh Purnomo, Winda Subekti & Ismaun Rusman, Digital Marketing Content, Cetakan Pertama. Batam : Cendekia Mulia Mandiri 2024. ISBN: 978-623-8576-96-8.

Asari, Andi, Zulkarnaini, Hartatik, Ahmad Choirul Anam, Suparto, Jacomina Vonny Litamahuputty, Fathan Mubina Dewadi, Dyah Rini Prihastuty, Maswar, Wara Alfa Syukrilla, Nanti Sari Murni Tatan Sukwika, Pengantar Statistika, Cetakan Pertama. Solok: Mafy Media Lestari Indonesia, Juni 2023. ISBN: 978-623-09- 3634-0.

Astuti, Miguna, Rosali Sembiring & Jenji Gunaedi Argo, Strategi Pemasaran Digital dan Perilaku Teknologi Pada Society 4.0, Cetakan Pertama. Sleman: Depublish 2023. ISBN: 976-623-02-5792-6.

Aziz, Riyan Abdul, E-Book Digital Marketing Content. Vol 1 2020.

Azizah, Indarwati dan Miftahul Huda “Pengaruh Content Marketing Of Tiktok Dan E – Wom Terhadap Brand Awareness Dan Minat Beli Produk Sektor Umkm Sektor Kuliner Di Kabupaten Pasuruan” JPEK: Jurnal Pendiddikan Ekonomi Dan Kewiausahaan. Vol. 6 No 2 2022, doi: 29408/jpek.v6i2.6336

Az-Zahra, Shofia Hariyanto, Ute Chairuz Muhammad Nasution & Ayun Maduwinarti, “Pengaruh Online Customer Review Di Aplikasi Google dan Design Interior Terhadap Minat Beli Generasi Muda Pada Kedai Semoga Sukses Tenggilis Mejoyo Surabaya Timur”. Journal Social Society Vol 5 No 1 Januari 2025. doi: 10.54065/jss.5.1.2025720.

Az-Zahra, Penny & Anti Sukmalengkawati “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen” Jurnal Ilmiah: Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, Vol 6. No 3, 2024, doi: 10.31955/mea.v6i3.2573.

Banjarnahor, Astri Rumondang, Banoraja Purba, Andriasan Sudarso Syafrida Hafni Syahir, Risma Nurhaini Munthe, Iskandar Kato Dyah Gandasari, Sukarman Purba, Muliana, Muhammad Ashoer Diena Dwienawati Tjiptadi, Hendra Hengki Mangiring Parulian Simarmata & Richard Berlien, Hasyim. Manajemen Komunikais Pemasaran, Cetakan Pertama. Medan: Yayasan Kita Menulis, April 2021. ISBN: 978-623-342- 039-6.

Callista, Ariella Tan dan Agustinus Nugroho, ‘Analis Pengaruh Perceived Risk, Online Customer Review dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Di Restoran Haidilao Pakuwon Mall Surabaya”. Ranah Research: Journal Of Multidisciplinary Research And Development, vol 7 no 5 Mei 2025. doi: 10.38035/rrj.v7i5.

Chrismardani, Yustina, Konsep dan Praktek E – Word Of Mouth (E – WOM), Cetakan Pertama. Purbalingga: Eurika Media Aksara, September 2023. ISBN: 978-623-151-584-1.

Daratullaila, Intan & Fitri Ayu Nofrida, “Pengaruh Marketing Orientation, Design Packaging Dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada De Klapper Pie Dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi”. Jurnal Manajemen Derama: Developement Research Of Manajemen vol.19 no.2 September 2024. doi: 10.19166/derama.v19i2.8601

Dwi, Fajar Asyari, Rizky Eka Febriansyah & Misti Hariasih, “Pengaruh Content Marketing, Kualitas Produk dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Sari Rodi (Studi Pada Masyarakat Sidoarjo”. Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15 No 1 Januari 2025. ISSN: 2623-1719

Erwin, Ella Ardyan, Arifai Ilyas, Made Putri Ariasih, Fadliyani Nawir Rina Sovianti, Maria Agustina Lopes Amaral, Zunan Setiawan, Devit Setiono & Musran Munizu, Digital Marketing : Penerapan Digital Marketing Pada Era Society 5.0, Cetakan Pertama. Jambi: Sonpedia Publishing, Juni 2023. ISBN: 978-623- 09-3993-8.

Fauzy, Akhmad. Metode Sampling, Cetakan Pertama. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka, Oktober 2019. ISBN: 978-602-392-688-6.

Firdausi, Vanesa Rizkia & Refi Rifaldi Windya Giri, , “Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Eat Sambal,” E – Proceeding Of Management. Vol 11. No 4 pp 3454. Agustus 2024, ISSN: 2355 – 9357.

Ganas, Kalista Brian, Bambang Suhada, Febriyanto, & Kuncoro Budi Riyanto, “Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Cafe Lacosta Metro Di Era Digital” Journal Of Managire And Business, vol. 3 no. 1, Apr 2025, doi: 10.69747/managire.v3i1.89

Hasan, Syahril, Ayesha Ivonne, Wayan, I Adi Pratama, Amaliyah, Nur Ika Effendi, Tri Yusnanto, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, Ristanti Dwi Utami, Andhy Firdaus, Mumuh Mulyana, Fitriana, Norhidayati & Ash Shadiq Egim, Digital Marketing : Tinjauan Konseptual, Cetakan pertama. Padang: Global Eksekutif Teknologi, Juni 2022. ISBN: 978-623-5383-27-9.

Hasanah, Nabila, Fauziyah Afriyani & Imelda, “Pengaruh Store Atmosphere Dan Content Marketing Terhadap Minat Beli Di Kopi 16 Pro Palembang”. Jiam: Jurnal Ilmiah Akuntansi, vol.8 no.1 hal 54-65 April 2025. doi: 10.35326/jiam.v8i1.7146.

Hasniaty, Budi Harto, Wirawan Istano, Zen Munawar, Alexander Waworuntu, Meilani Tri Hapsari, Johni Pasaribu, Hadiansyah Mas’um, Leili Kurnia Gustini, Hana Rengganawati, Dani Anggoro, Arief Yanto Rukmana & Angga Aditya Permana, Social Media Marketig, Cetakan Pertama. Padang: Global Eksekutif Teknologi, Mei 2023. ISBN: 978-623-198-242-1.

Ismunandar, Adam & Sulhaini , “Pengaruh Brand Knowlede Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Cafe Naughty Little Cat Park”, Journal Of Economics Bussines And Entrepreneurship, vol. 6, no. 1. April 2025. doi: 10.29303/alexandria.v6i1.952

Isyraqi, Qastalano Rezha & Rizky Adhitya Nugroho, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Content Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Mixue”. Jurnal Tajam Akuntansi Pajak Dan Manajemen vol. 7 no.2 2024. doi: 10.37601/tajam.v7i2.298.

Juniar, Fani, “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Di Coffeeshop Warung Tepirel Jalan Cinehel Di Kota Tasikmalaya”. Jurnal Ilmih Koordinasi vol. 4 no. 2 2025.

Kadar, Melani, Mardiana, Irfan Hasandi, Caesar Rochmad Asyadi &Saifan Ali Fazila, “Pengaruh Social Media Marketing, Harga, E – WOM dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk UMKM Kuliner”. JRB: Jurnal Riset Bisnis, vol 8 no 2 April 2025, doi: 10.35814/y4m8jp39.

Kotler, Philip, Gery Amstrong &Marc Oliver Opresnik, Principles Of Marketing, Eighteenth Edition. Harlow: United Kingdom, Pearson Education Limited 2021, ISBN: 978-1-292-3412-0.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller & Chernev Alexander, Marketing Management, Sixteenth Edition. Harlow : Pearson Education 2021, ISBN: 978-1-292-49271-3.

Lucky, Jonathan Dan Aditya Burhan, “Pengaruh Search Engine Optimization, Social Media Marketing, Content Marketing dan Iklan Invluencer Terhadap Minat Beli Konsumen Produk UMKM Melalui Media Digital”. Journal Of Information System Applied Management Accounting And Research Vol 9 No 3 Agustus 2025.

Luhgiatno, Destiana Kumala, Aditya Wardhana, Prita Prasetya, Fitri Lukiastuti, Lustono, Maria Lusiana Yulianti, Gadi Djou, Ari Susanti, Santy Sriharyati, Muktar Redy Susila, Magdalena Lestari Ginting, Efa Irdhayati, Ana Fitriyatul Bilgies & Hardiwinoto, Metode Penelitian Manajemen, Cetakan Pertama. Purbalingga: Eureka Media Aksara, Maret 2024, ISBN: 978-623-120-498-1.

Luthfy, Riza Muhammad, Hesti Sabrina & Amrin Maulia, “Pengaruh Influencer Marketing dan Content Marketing Dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat (Studi Pada Sambal Cobek Pak Awan Binjai”. Jurnal Bisnis Mahasiswa, Col 5 No 3 Maret 2025. doi: 10.60036/jbm.606.

Muhammad, Rizki Aa, Siska Amalia & Muhroji, “ Pengaruh Social Media Marketing, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Aqua”. Jurnal Rumpun Manajemen dan Ekonomi Vol 2 no 4 Juli 2025. doi: 10.61722/jrme.v2i4.5915

Nasta’in, Firni Andi , Abdul Samud & Sujatmiko, “Pengaruh Content Marketing Dan Sosial Media Ter Hadap Minat Pembelian Melalui Keputusan Pembelian Pada Bekind.Id”, JMPKN: Jurnal Manajemen Pemasaran Keuangan Nitro Vol 7. No 1 2024, doi: 10.56858/jmpkn.v27i1.211.

Niko, Horan Simorangkir, Ahmad Maulana, & Muhammad Miftakhul Amin “Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Minat Beli Produk Nebeezku”, Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, vol 5 no 2 pp 190 – 199, Maret 2022, ISSN: 2598-9545.

Novita, Dian, Lia Febria Lina & Berlintiana Permatasari, Digital Marketing: Strategi Keberlanjutan UMKM Di Era Digital., Cetakan Pertama. Universitas Teknokrat Indonesia : 2023.

Nur Fratnya Paramitha, Paramitha, Sonia Nur Fratnya, Rizky Eka Febriansyah & Mochamad Rizal Yulianto, “Pengaruh Citra Merek, Harga dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Mie Gacoan Sidoarjo (Studi Pada Mahasiswa Umsida)”, TEKMAPRO: Journal Of Industrial Engineering And Management vol 20 no 1 Januari 2025. ISSN: 2656-6109.

Pamungkas, Andriawan & Diesyana Ajeng Pramesti , “Pengaruh Atsmosfir Store, Brand Loyality, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Mediasi Minat Beli (Studi Empiris Pada Kedai Janji Kopi Jiwa,” Borobudur Management Review, vol. 1 no 1 2021. doi: 10.31603/bmar.v1i1.5009.

Parhusip , Nevidelis Yohanes , Achmad Fauzi & Novita Wahyu, “Pengaruh Content Marketing, Social Media Engagement dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Di D’fresto Bekasi Timur”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, Vol 5 No 8 Agustus 2025. doi: 10.61722/Jiem.V3i8.6153.

Priyanda, Roni Amrudin, Tri Siwi Agustina, Nyoman Sri Ariantini, Ni Gusti Ayu Lia Rusmayani, Dwi Astarani Aslindar, Kori Puspita Ningsih, Siska Wulandari, Panji Putranto, Ira Yuniati, Ida Untari, Sri Mujiani & Dipo Wicaksono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cetakan Pertama. Sukoharjo: Pradina Pustaka, Juni 2022. ISBN: 978-623-99688-7-8

Putra, Randi, Sri Hidajati & Eka Patra, “Minat Beli Konsumen Berdasarkan Social Media Marketing Pada Daily Coffee Bogor”. Endless Innovation Journal: Entrepreneurship, Bussines Digital And Innovation Journal vol. 1 no. 1 2024.

Qurrota A'yun, Burhanuddin Rizky, Muhammad Yani & Tofan Tri Nugroho, "Analisis E - Promotion, Product Quality dan Product Innovation Terhadap Keputusan Pembelian Product Somethinc (Studi Kasus Pada Konsumen Atau Followers Instagram Somethincofficial)". International Journal Of Economic.

Ramadhan, Silvynna Sasikirana, Fortun Zain Hamid dan Nadia Sofa, “Pengaruh Social Media Marketing Dan Online Customer Review Pada Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Ichiban Sushi Melalui Aku @Ichibansushi.Id”. Japrov: Jurnal Administrasi Dan Profesional vol. 4 no. 1 Juli 2023. doi: 10.32722/japrov.v4i1.5619.

Rasyid, Rahman & Rudy Santoso, “Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Fast Coffee And Bike Wash Di Kota Surabaya .” Gemah Ripah: Jurnal Bisnis, vol. 5 no. 2 2025, doi: 10.65997/grjb.v5i2.2213..

Reniawati, Dewi, Poniah Juliawati & Lina Parliana, “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Produk Kanzler”. Atrabis:Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 10 No. 1 Juni 2024.

Rohali, Alya Putri & Salman Palaudi, “Pengaruh Kualitas Produk, Social Media Marketing Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Di Kopi Nako Kota Wisata Cibubur,” Manajemen: Jurnal Ekonomi, vol. 6, no. 3, November 2024, doi: 10.36985/x7jdm487.

Sabillah, Zalza Fauziah , Taufik Albar & Nining Latianingsih, “Pengaruh Viral Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Sosial Media Tiktok (Studi Kasus Pada Mie Gacoan)”, JAProv: Jurnal Administrasi Profesional, vol. 3, no. 2, Desember. 2022, doi: 10.37339/japrov.v3i2.1734,

Saddha Yohandi, Yuliana Arwin, Lisa & Ivone, “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Di Fortune Coffee Cemara Asri Deli Serdang”, SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, Vol 1 No 2, Juni 2022, Doi: 10.11253/sosmaniora.V1i2.451.

Sari, Anggri Puspita, Dina Dewi Anggraini, Marlynda Happy Nurmalita Sari, Dyah Gandasari Valentine Siagian, Ri Sabti Septarini Diena Dwidienawati Tjiptadi, Oris Krianto Sulaiman Muhammad Munsarif, Prima Andreas Siregar Nur Arif Nugraha & Janner Simarmata, Kewirausahaan Bisnis Online. Cetakan Pertama. Medan: Yayasan Kita Menulis 2020. ISBN: 978-623-6512-54-8.

Sari, Dewi Komala, Alshaf Pebriangga & Mas Oetarjo, Buku Ajar Digital Marketing, Cetakan Pertama. Sidoarjo: UMSIDA Press, Agustus 2021. ISBN: 978-623-6081-38-9.

Sarsono, Ari, Anna Wulandari, Anisah Indah Paramita, Rahayu Sulistyowati & Arief Teguh Nugroho “Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Gofood” KENTAL; Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis Digital vol. 1 no. 2 Maret 2025.

Savitry, Yosanova & Iwan Setiawan, New Content Marketing ( Gaya Baru Pemasaran Era Digital) Cetakan Pertama. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2016. ISBN: 978-602-03-3699-2.

Smith, William Robbert, Social Media Marketing, California: IRA J. Smith Jr 2022. ISBN: 9798888622162.

Tabelessy, Welter, Etvin Rizal Tamher & Latifa Sikdewa, “Minat Beli Kedai Blue Shelter Dipengaruhi Oleh Content Marketing Dan Word Of Mounth”, Jurnal E2uilibiria Unrika, vol. 9 no 6 hal 179-186 Des 2022. ISSN 2503-2248.

Tri, Bayu Cahya, Dwi Putri Restuti, Aditya Wahyu Safitri & Andri Veno “Analisis Minat Pembelian Secara Online Ditinjau Dari Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kualitas Website (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Food) ,” Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis. vol. 18, no. 2, pp 169 – 179 Desember 2023, ISSN: 1410 – 4571.

Tri, Yeni Yanti Gulo, Anjes Tatema Jefanya Ndraha, Reklis Putri Haria & Sejoiman Hendrato, “Analisis Penggunaan Konten Marketing Pada UMKM Terhadap Mint Beli Konsumen Di Gunungsitoli”. JUKONI: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, vol 2 no 1 Februari 2025. doi: 10.701134/jukoni.v2i1.621.

Utomo Chintya Yurike , Efni Anita dan Nurahma Sari Putri , “Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Instagram Dan Online Customer Review Di Aplikasi Pesan Antar Makanan Terhadap Minat Beli Konsumen UMKM Eloka Corndog Kota Jambi” Profit: Jurnal Riset Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, vol. 3 no. 2 Mei 2024. Doi: 10.58192/provit.v3i2.2090

Victor, Kamanda Shandyra, “Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Produk Cimory Pada Sinar Mart.” Jurnal Al – Amal Vol 2. No 1 2024.

Wardhana, Aditya, Consumer Behavior: In Digital Era 4.0, Cetakan Pertama. Purbalingga: Eureka Media Aksara, Agustus 2024. ISBN: 978-632-516-316-1.

Wardhana, Adhitya, Perilaku Konsumen Di Era Digital, Cetakan Pertama, Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2024. ISBN: 978-623-120-041-9.

Wardhana, Aditya, Social Media Marketing Strategy – Edisi Indonesia, Cetakan Pertama. Purbalingga: Eureka Media Aksara, Januari 2025. ISBN: 978-623-221-046-8

Yosef, Tonce & Rangga, Yoseph Dairus Purnama, Minat Dan Keputusan Pembelian : Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep dan Studi Kasus). Cetakan Pertama. Indramayu: Adanu Abimata 2022. ISBN: 978-623-5314-38-9.

Yunikartika, Lela & Harti “Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic Word Of Mouth ( E – WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Akun Instagram @Carubanmangan,” Jurnal E – Bis (Ekonomi Bisnis). vol. 6, no. 1, Mei 2022. doi: 10.37339e- bis/jempper.v6i1.897.

Zulaiha , Rida Ayu & Anton Eko Yulianto, “Pengrauh Brand Ambassador, Social Media Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Menantea”, JIRM: Jurnal Dan Riset Manajemen, Vol. 12 No 2, 2023, ISSN: 2461 – 0593.

Published
2025-10-29
How to Cite
Romadhoni, M. P. A., Sari, D. K., & Nugroho, T. T. (2025). PERAN CONTENT MARKETING, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN CAKEABLE SIDOARJO. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 59-76. https://doi.org/10.30598/manis.9.1.59-76