PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN IKLAN ISTAGRAM TERHADAP MINAT PEMBELIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement dan iklan istagram terhadap minat pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pengguna istagram. Data dianalisis dengan regresi linear berganda. Penelitian ini menemukan celebrity endorsement dan iklan istagram berpengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian baik secara parsial maupun simultan.
Downloads
References
Alfarizi, Mohammad, 2019, Profil Bisnis Istagram di Indonesia Terbanyak di Asia Pasifik, Media Release, 5 Maret 2019, per 27 Juni 2021, < https: //tekno.tempo.co/read/1182057/profil-bisnis-Istagram-di-indonesia-terbanyak-di-asia-pasifik>.
AlFarraj, O., Alalwan Ali A., Baabdullah A., Aldmour R., Al-Haddad S., 2020, “Examining the impact of influencers credibility dimensions attractiveness, trustworthiness and expertise on the purchase intention in the aesthetic dermatology industry”. Review of International Business and Strategy.
Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). “Pengaruh Celebrity Endorser, Online Iklan dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia”. AMAR (Andalas Management Review), 4(2), 16-31.
Amelia, N. (2020). Pengaruh endorsement dan Istagram ads terhadap keputusan pembelian pada industri fashion hijab outfit di Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
BEKRAF, Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif 2016, Media Release, 2016, per 27 Juni 2021,< https://www.bekraf.go.id/downloadable/pdf_file/190162-data-statistik-danhasil-survei-ekonomi-kreatif-2016.pdf >.
BPS Hasil Sensus Penduduk 2020, Jumlah Penduduk Menurut Provinsi dan Jenis Kelamin, 2020 (jiwa). Media Release, 2020, per 14 April 2021,
Choi, S.M. & Rifon, N., 2007, “Who Is the Celebrity in Iklan? Understanding the Dimensions of Celebrity Images”. Journal of Popular Culture, 40(2), 304-324.
Databoks, 9 Kegiatan Masyarakat Indonesia Ketika Mendapat Akses Internet. Media Release, 2018, per 27 Juni 2021,
Digital in 2020, Digital around the world 2020. Media Release, 2020, per 5 Februari 2021,
Dinggon, M. R., Lumanauw, B., & Trang, I. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran, Celebrity Endorsment Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).
Ferdinand, A. (2014). Metodologi Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi 5. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Freire, Silva et al 2018, “The effectiveness of celebrity endorsement in aspiring new celebrities”. RAUSP Management Journal, Vol. 53 No. 3, 2018 pp. 289-303.
Handika, M. R., & Darma, G. S. 2018. “Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Istagram”. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192-203.
Hariningsih, E. (2013). Internet Iklan Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Interaktif. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2).
Hayat, M. A., 2019, “Hubungan Antara Iklan Online Dengan Minat Beli Konsumen”. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1).
Herawati, H., 2020. “Pengaruh Iklan Media Sosial Istagram Dan Celebrity Endorser (Selebgram) Terhadap Minat Beli (studi kasus pada toko online shopKeripik pisang coklat Krispbo. id)”. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 6(1), 81-97.
Hutchinson, Andrew, 2019, Istagram Stories is Now Being Used by 500 Million People Daily, Media Release, 2019, Per 31 Januari 2019,
Iman, Musthafa, 2020, Pengguna Istagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Media Release, 2020, Per 27 Juni 2021,
Indika, D. R., & Jovita, C. 2017. “Media sosial Istagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen”. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.
Istagram, About Us, Per 23 Agustus 2021,
Kshetri, Anita, & Bidyanand, J., 2016. “Online Purchase Intention : A Study of Automobile Sector in India”. Rev. Integr. Bus. Econ. Res. Vol. 5 No.3, p.35-59.
Leibowitz, Brandon, Istagram vs Facebook: Which Can Boost Your Business More?, Media Release, 9 Des 2019, Per 27 Juni 2021, < www.dreamgrow.com/Istagram-facebook-iklan />.
Liat, C. B., & Wuan, Y. S.b., 2014, “Factors Influencing Consumers’ Online Purchase Intention: A Study Among University Students in Malaysia”. International Journal of Liberal Arts and Social Science, 2(8), 121-133.
Megawati, M., & Linda, M. R. (2014). Pengaruh Iklan Online pada Situs Jejaring Sosial Facebook terhadap Keputusan Pembelian Online pada Masyarakat Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 3(2).
Ningrum, Nurvita S., 2016, “Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen MD Clinic By Lazeta”. Bisnis dan Iptek, 9(2): 141-152.
Purwianti, L., & Ricarto, T., 2018, “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada Pengguna Smartphone Di Batam”. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 41-56.
Reuters, Thomson, State of the Global Islamic Economy Report 2018/19, Media Release, 2018, Per 27 Juni 2021,
Rifa, 2021, Apa Perbedaan Paid Promote dan Endorse dalam Bisnis Online?, Media Release, 8 Mei 2021, Per 27 Juni 2021,
Saidah, Aisyah., 2020. Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Promosi Penjualan Dan Iklan Terhadap Minat Beli Di Marketplace Tokopedia (Studi Kasus Generasi Milenial di Jabodetabek). Skripsi Institut Agama Islam Tazkia: tidak diterbitkan.
Savitri, N. W., 2017, “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Melalui Media Televisi Terhadap Minat Beli Pada Tokopedia Di Denpasar”. E-Jurnal Manajemen, 6(8), 4214-4239.
Setiawan, L., 2018, “Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Green Tea Esprecielo Allure”. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 53-60.
Sujarweni, V.W., 2018. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif, Pustakabarupress, Yogyakarta.
Tilaar, Florida, Lapian, S.L.H.V., Joyce& Fredy R., 2018, “Pengaruh Kepercayaan, dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee Secara Online pada Anggota Pemuda GMIM Zaitun Mahakeret”. Jurnal EMBA, 6(4): 2028-2037.
Van Vliet, Vincent, 2014, AIDA Model, Per 27 Juni 2021