FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI INSTAN NESCAFE DI KOTA AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian kopi instan Nescafe.di Kota Ambon. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen pembeli kopi instan Nescafe di kota Ambon.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan responden berjumlah 100 orang.Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan persepsi Word of Mouth) dan Citra Merek terhadap keputusan pembelian Kopi Instan Nescafe di Kota Ambon. Hal ini dibuktikan dengan konsumen yang masih menceritakan dan merekomendasika produk kopi instan Nescafe dan meningat Citra Merek yang berkualitas dari Kopi Instan Nescafe di Kota Ambon.
Downloads
References
Akbar, Nuryadi. 2019. Tinjauan Terhadap Strategi Pemasaran Pada Tabungan Haji Dalam Akad Mudharabah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kcp
Sudirman, Bogor). Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah. 3(1): 70-90
Alfarizi, Mohammad, 2019, Profil Bisnis Istagram di Indonesia Terbanyak di Asia Pa Media Release, 5 Maret 2019, per 27 Juni 2021, <
//tekno.tempo.co/read/1182057/profil-bisnis- Istagram-di-indon
terbanyak-di-asia-pasifik>.
AlFarraj, O., Alalwan Ali A., Baabdullah A., Aldmour R., Al-Haddad S., 2020, “Examinin impact of influencers credibility dimensions attractive trustworthiness and expertise on the purchase intention in the aest
dermatology industry”. Review of International Business and Strateg
Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). “Pengaruh Celebrity Endorser, Online Iklan dan Word of Mouth terhadap Minat
Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia”. AMAR (Andalas
Management Review), 4(2), 16-31.
Amelia, N. (2020). Pengaruh endorsement dan Istagram ads terhadap keputusan pembelian pada industri fashion hijab outfit di Surabaya (Doctoral dissertation,
UIN Sunan Ampel Surabaya).
Asnawi, A. (2022). Berpindah Merek Produk Saat Covid19: Pengaruh Pengetahuan Produk dan Pemasaran Media Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4131-4143.
BEKRAF, Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif 2016, Media Release, 2016,
per 27
Juni 2021,< https://www.bekraf.go.id/downloadable/pdf_file/190162-data-statistik-
danhasil-survei-ekonomi-kreatif-2016.pdf >.
BPS Hasil Sensus Penduduk 2020, Jumlah Penduduk Menurut Provinsi dan Jenis Kelamin, 2020 (jiwa). Media Release, 2020, per 14 April 2021,
Choi, S.M. & Rifon, N., 2007, “Who Is the Celebrity in Iklan? Understanding the Dimensions of Celebrity Images”. Journal of Popular Culture, 40(2),
-324.
Databoks, 9 Kegiatan Masyarakat Indonesia Ketika Mendapat Akses Internet. Media Release, 2018, per 27 Juni 2021,
<https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/23/9-kegiatan-
masyarakat-indonesia-ketika-mendapat-akses-internet#>.
Digital in 2020, Digital around the world 2020. Media Release, 2020, per 5 Februari 2021,
<https://wearesocial.com/digital-2020.>
Dinggon, M. R., Lumanauw, B., & Trang, I. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran, Celebrity Endorsment Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,
Bisnis dan Akuntansi, 3(3).
Ferdinand, A. (2014). Metodologi Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi 5. Semarang:Badan Penerbit
Universitas Diponegoro
Freire, Silva et al 2018, “The effectiveness of celebrity endorsement in aspiring new celebrities”. RAUSP Management Journal, Vol. 53 No. 3, 2018 pp.
-303.
Handika, M. R., & Darma, G. S. 2018. “Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan
Influencer Melalui Media Sosial Istagram”. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192-203.
Hariningsih, E. (2013). Internet Iklan Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Interaktif.
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2).
Hayat, M. A., 2019, “Hubungan Antara Iklan Online Dengan Minat Beli Konsumen”.
Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1).
Hutchinson, Andrew, 2019, Istagram Stories is Now Being Used by 500 Million People Daily, Media Release, 2019, Per 31 Januari 2019,<https://www.socialmediatoday.com/news/Istagram-stories-is-
nowbeingused-by-500-million-people-daily/547270/>.
Herawati, H., 2020. “Pengaruh Iklan Media Sosial Istagram Dan
Iman, Musthafa, 2020, Pengguna Istagram di Indonesia Didominasi Wanita dan
Indika, D. R., & Jovita, C. 2017. “Media sosial Istagram sebagai sarana promosi
Istagram, About Us, Per 23 Agustus 2021, <https://about.Istagram.com/about-
Kshetri, Anita, & Bidyanand, J., 2016. “Online Purchase Intention : A Study of
Automobile Sector in India”. Rev. Integr. Bus. Econ. Res. Vol. 5
No.3,
Leibowitz, Brandon, Istagram vs Facebook: Which Can Boost Your Business
Liat, C. B., & Wuan, Y. S.b., 2014, “Factors Influencing Consumers’ Online Purchase
Intention: A Study Among University Students in
Megawati, M., & Linda, M. R. (2014). Pengaruh Iklan Online pada Situs Jejaring
Ningrum, Nurvita S., 2016, “Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen MD Clinic By Lazeta”. Bisnis dan Iptek, 9(2): 141-152.
Purwianti, L., & Ricarto, T., 2018, “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Reuters, Thomson, State of the Global Islamic Economy Report 2018/19, Media
Rifa, 2021, Apa Perbedaan Paid Promote dan Endorse dalam Bisnis Online?,
Saidah, Aisyah., 2020. Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Promosi Penjualan
Savitri, N. W., 2017, “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Melalui Media
Setiawan, L., 2018, “Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase
Sujarweni, V.W., 2018. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan
Tilaar, Florida, Lapian, S.L.H.V., Joyce& Fredy R., 2018, “Pengaruh Kepercayaan, dan
Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee Secara
Van Vliet, Vincent, 2014, AIDA Model, Per 27 Juni 2021 <http://www.toolshero.
com/marketing/aidamodel/>
Copyright (c) 2022 Manis: Jurnal Manajemen dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.