FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI INSTAN NESCAFE DI KOTA AMBON

  • Merry Margareth Pelupessy Universitas Pattimura
Keywords: Managing Brand Equity. New York: The Free Press Durionto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian kopi instan Nescafe.di Kota Ambon. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen pembeli kopi instan Nescafe di kota Ambon.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan responden berjumlah 100 orang.Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan persepsi Word of Mouth) dan Citra Merek terhadap keputusan pembelian Kopi Instan Nescafe di Kota Ambon. Hal ini dibuktikan dengan konsumen yang masih menceritakan dan merekomendasika produk kopi instan Nescafe dan meningat Citra Merek yang berkualitas dari Kopi Instan Nescafe di Kota Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity. New York: The Free Press Durionto,.
Agus, S. S., Mandey, S., & Rindang, L. S. (2014). Citra Merek, Harga Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1222–1232.
Amalia, A., Waluyo, H., & Dewi, R. (2014). Pengaruh Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Kartu Gsm Prabayar Simpati (Studi Kasus Pada Konsumen Kecamatan Pedurungan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 45–56.
Amelia, R. E. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 229–235.
Amilia, S., & Nasution, M. O. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 666.
Andrianto, H. N. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis Mpv Merek Toyota Kijang Innova Di Semarang. Journal of Management & Business, 2(3), 1–74.
Aryoni, A., Eldine, A., & Muniroh, L. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 1. https://doi.org/10.32832/manager.v2i2.2557
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.
Batra, R., Ahuvia, A.C. and Bagozzi, R. P. (2012). “Brand Love”. Journal of Marketing, Vol. 76 No, 1-16.
Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA (Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi), 5(1), 61–75.
Chao-Chin Huang. (2017). “The impacts of brand experiences on brand loyalty: mediators of brand love and trust”, Management Decision, Vol. 55 Issue: 5, doi: 10.1108/MD-10-2015- 0465.
Chynthia & Hendra. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing, Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi kuning. Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Ekonomi, vol 2 No.3.
Dharmayana, I., & Rahanatha, G. (2017). Pengaruh Brand Equity, Brand Trust, Brand Preference, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Membeli Kembali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(4), 253933.
Dhurup, M., Mafini, C & Dumasi, T. (2014). “ The impact of packaging, price, and brand awareness on brand loyalty: Evidence from the paint retailing industry, “ Acta Commercii 14 (1), Art.
Durianto, Darmadi, Sugiarto, L. J. B. 2004. (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Utama., Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
East, R., Hammond, K., Lomax, W. (2013). Brand, Measuring the impact of positive and negative word of mouth on purchase probability. Journal of Research Marketing.
Haryono, N., & Octavia, R. (2014). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 4(1), 20–27.
Henry Simamora. (2012). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Star Gate Publisher.
Hermawan, K. (2013). Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Keller, P. K. (2016). (2016). Marketing Management. England: Educational Limited.
Kotler, P dan Keller, K. (2012). ”Marketing Management”, 14th Edition, Pearson, United States of America.
Kotler &Keller. (2012). “A Famework for Marketing Management”, Prentic Hall International Inc: New Jersey.
Laemonta, J. H., & Padmalia, M. (2016). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen Terang Bulan – Martabak 93. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(2), 73–80.
Mowen, J. C., & Minor, M. . (2016). Consumer Irwin., Behaviour. Boston:
Muhammad Hariry, N. Rachma, F. R. (2016). Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Tas Consina Store Kota Malang. Journal of Management, 82–94.
Naufal Muhammad Hisyam, & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Love terhadap Purchase Decision melalui Word of Mouth. Management Analysis Journal, 6(4), 377–387. https://doi.org/10.15294/maj.v6i4.15121
Ni Kadek Intan Nia Putri, A.A Putu Agung, N. P. N. A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan. Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Suar Nusa Jaya Tour. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2016), 169–178.
Oliver, R. L. (2012). Satisfaction, a Behavioral Perspective on the Customer. Mc Graw-Hill Companies Inc. York., NewSatisfaction, a Behavioral Perspective on the Customer. Mc Graw-Hill Companies Inc. York., New.
Putra, M., & Ekawati, N. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 255365.
Qisthiansyah, R. D., & Saefuloh, D. (2020). Pengaruh Inovasi terhadap Loyalitas Konsumen pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus G3 Coffee and Farm Bandung). Industrial Research Workshop and National Seminar, 1, 26–27.
Quantrianto, F. H. H., Hutomo, P. T. P., & Pujiarti, E. S. (2013). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association dan Perceived Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Kecap Manis Merek ABC. Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 89–101.
Randi Arya Guna. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Love pada Word of Mouth Smartphone Samsung di Kota Padang. Management Analysis Journal, 6(4), 377–387. https://doi.org/10.15294/maj.v6i4.15121
Rasyid, H. Al. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 210–223. https://doi.org/10.31311/jeco.v1i2.2026
Roberts, K. (2015). Lovemarks: The Future beyond Brands, Powerhouse Books. New York, NY.
Roberts, K. (2016). Lovemarks: The future beyond brands (2nd ed.). New York: Powerhouse Books.
Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 163–175.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Supangkat, A. H. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–19.
Suriatna, D., & Retno, R. R. (2013). Analisa Modal Sosial dan Inovasi Produk Pada Pengusaha Mikro dan Kecil di Jawa Timur. Journal of Management, 1(3).
Tjiptono Ph.D, F. (2014). Pemasaran Jasa prinsip Penerapan Penelitian Yogyakarta.
Tutut Paradhiba Sujadi, W. (2015). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen Teh Botol Sosro dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(4), 326–332. https://doi.org/10.15294/maj.v4i4.8885
Wijaya, A. J., & Husada, Z. J. (2016). Analisis Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Relationship Quality. Jurnal Magister Teknik Industri, 1–9.
Wong, H.Y. and Merrilees, B. (2013). Journal of Products & Brand Management. The performance benefits of being brand-orientated. Journal of Product & Brand Management.
Yohanna, & Ruslim Setiawan Tommmy. (2021). Pengaruh Brand Love, Brand Satisfaction, Brand Trust Terhadap Purchase Intention Produk Gucci. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, III(2), 569–579.
Yovita, L. I., & Madiawati, P. N. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Trust terhadap Loyalitas Pelanggan Kental Manis Frisian Flag The Effect Of Brand Image, Brand Awareness and Brand Trust On The Consumer Loyalty Sweetened Condensed Milk Frisian Flag. E-Proceeding of Management, 6(3), 6038–6044.
Yuliza, M. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Inovasi Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Avanza di Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Ekonomi.
Published
2022-11-15
How to Cite
Pelupessy, M. M. (2022). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI INSTAN NESCAFE DI KOTA AMBON. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 58-68. https://doi.org/10.30598/manisvol6issue1page58-68