PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS PERCETAKAN PADA RUMAHGRAFIKA PEKALONGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

  • Khairul Anwar Pascasarjana Ekonomi Syariah UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Afidah Rozi Anti Pascasarjana Ekonomi Syariah UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Pengelolaan, Bisnis Percetakan, Rumah Grafika Pekalongan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan pengembangan bisnis percetakan Rumah Grafika Pekalongan dalam perspektif etika bisnis Islam.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dibagi menjadi dua, primer dan sekunder. Data primer digali dari wawancara dengan owner Rumah Grafika Pekalongan yakni bapak Masykur, sedangkan data sekunder diambil dari artikel, jurnal, tesis, buku yang masih terkait dengan topik penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi tiga kegiatan yakni reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Grafika Pekalongan dikelola dengan baik dan dikembangkan dengan mengikuti kebutuhan pasar. Penulis menganalisis pengelolaan Rumah Grafika Pekalongan ini dari segi pengelolaan perusahaan, pengelolaan sumber daya manusia, dan pengelolaan pemasaran. Pengelolaan bisnis yang dijalankan secara umum sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yakni kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran. Selain itu pemaparan pada artikel ini juga dilengkapi dengan analisis SWOT sebagai dasar untuk melihat bagaimana pengembangan bisnis percetakan yang terjadi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Haris dan Samsudin Antuli. (n.d.). Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Ekonomi Berbasis Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah.
Admin. (2021). APA ITU PERCETAKAN OFFSET DAN KEUNGGULANNYA. Sungrafika.Com. https://www.sungrafika.com/single-post/2019/10/14/apa-itu-percetakan-offset-dan-keunggulannya
Anang Setyawan. (2022). Upaya Pengelolaan Percetakan Biru dengan Analisis SWOT. EKSYAR : Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam, 9(1), 72–81. https://doi.org/10.54956/eksyar.v9i1.331
Azis, M. R. Al. (2021). Tantangan Industri Penerbitan Buku Di Indonesia Sebagai Bagian Dari Industri Kreatif Dalam Mengarungi Era Digitalisasi Dan Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(3), 236–256.
Budiman. (2015). ANALISIS PENGARUH TENAGA KERJA, BAHAN BAKU DAN TEKNOLOGI TERHADAP NILAI PRODUKSI PADA INDUSTRI PERCETAKAN DI PROVINSI RIAU. Jom FEKON, 2(2), 1–10.
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitataif Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainya (Ketiga). Kencana.
Christian Wiranata. (2019). Biar Ga Salah Jalan, Pelajari 5 Jenis Usaha Percetakan Ini! Solusiprinting.Com. https://solusiprinting.com/biar-ga-salah-jalan-pelajari-5-jenis-usaha-percetakan-ini/
Darmawati. (2015). Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi, 8(2), 134–135.
Djunaid Ghany & Fauzan Al-Mansyur. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Ar Ruzz Media.
Faisal Badroen, et al. (2012). Etika Bisnis Dalam Islam. Pren adamedia Group.
Iendy zelviean adhari. (2020). CARA MUDAH BISNIS PERCETAKAN YANG KEKINIAN (Perencanaan dan Prospeknya di Indonesia). CV Jakad Media Publishing.
Kantor Komunikasi Publik. (2014). Bekerja Profesional dan Cerdas Menurut Islam. Unpad.Ac.Id. https://www.unpad.ac.id/rubrik/bekerja-profesional-dan-cerdas-menurut-islam/
Kemenparekraf. (2021). Subsektor Ekonomi Kreatif. Kemenparekraf.Go.Id. https://kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif
Lena Aprilia. (2017). Implementasi Corporate Social Responsibility Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. IAIN Metro.
Pratama, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Percetakan dengan Menggunakan Metode SWOT dan Analyitc Hierarchy Process. Journal of Industrial and Manufacture Engineering, 4(1), 12–21. https://doi.org/10.31289/jime.v4i1.2972
Pratama, F. R. (2020). Free Will dan Takdir dalam Pandangan Islam. Fikrirezapratama.Medium.Com. https://fikrirezapratama.medium.com/free-will-dan-takdir-dalam-pandangan-islam-78c2b70cef0
Prayudi. (2017). Analisis CSR sebagai Implementasi Praktek Etika Bisnis Perusahaan: Antara Kewajiban dan Kebutuhan. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Rokan, M. K. (2013). Bisnis ala Nabi : Teladan Rasulullah Saw dalam Berbisnis. PT Benteng Pustaka.
Santi, M. E. I., Nuraini, A., & Aziz, A. (2022). KUALITAS PELAYANAN KONSUMEN KACAMATA EKONOMI ISLAM. AT-TUJJAR, 10(01), 181–183.
Veithzal Rifai, et. a. (2012). Islamic Bussines And Economic Ethics. BUMI AKSARA.
Widad, A. L. E. R. P. A. P. (2020). Manajemen Pelayanan Perspektif Al-Quran Dan Hadits. Jurnal Studi Islamiyah, 16(February), 364–372. https://doi.org/10.33754/miyah.v16i2.204.g222
Published
2023-01-13
How to Cite
Anwar, K., & Rozi Anti, A. (2023). PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS PERCETAKAN PADA RUMAHGRAFIKA PEKALONGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 81-90. https://doi.org/10.30598/manis.6.2.81-90