ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT UNTUK MERENCANAKAN LABA PERUSAHAAN

STUDI KASUS: PT. KIMIA FARMA

  • Mozart W. Talakua Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Dorteus L. Rahakbauw Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Serly Surlialy Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Break- even point, perencanaan laba

Abstract

Salah satu teknik analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi dimana perusahan dalam menjalankan aktivitasnya tidak mendapatkan laba dan tidak mengalami kerugian adalah analisis breakeven point (BEP). Dengan kata lain, jumlah penghasilan sama dengan jumlah biaya yang dikeluarkan. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui penerapan analisis titik impas pada PT. Kimia Farma, margin of safety yang dihasilkan, dan membuat perencanaan laba periode dan perencanaan penjualan minimal untuk mencapai keuntungan yang diharapkan oleh PT. Kimia Farma pada tahun 2016. Hasil dari penelitian tahun 2015 setelah biaya semivariabel dipisahkan kedalam biaya tetap dan biaya variabel, dapat dihitung
BEP perusahan. BEP terjadi pada penjualan Rp. 464.000 dan margin of safety sebesar 14,5% tahun 2015 dijadikan dasar perhitungan untuk perencanaan tahun 2016. BEP tahun 2016 terjadi pada penjualan Rp. 464.000 dan margin of safety sebesar 548,1% perencanaan penjualan minimal mencapai keuntungan yang diharapkan sebesar Rp. 1.497.500 tercapai sebesar Rp. 1.783.643.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] K. W. Carter, Akuntansi Biaya. Jilid Pertama., Jakarta: Salemba Empat, 2009.
[2] B. Bustami and Nurlela, Akuntansi Biaya, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2013.
[3] R. H. Garrison, E. W. Noreen and P. C. Brewer, Akuntansi Manajerial, Edisi Kesebelas, Jakarta: Salemba Empat, 2009.
[4] Kasmir, Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kelima, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
[5] Mulyadi, Akuntansi Biaya, Edisi Kelima, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2009.
[6] H. A. Martono, Manajemen Keuangan, Yogyakarta : Ekonisia, 2004.
[7] C. M. Manuputty, “Analisis Break Event Point Sebagai Salah Satu Alat Perencanaan Penjualan dan Laba,” Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unpatti, Ambon, 2015.
Published
2017-03-01
How to Cite
[1]
M. Talakua, D. Rahakbauw, and S. Surlialy, “ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT UNTUK MERENCANAKAN LABA PERUSAHAAN”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 11, no. 1, pp. 49-54, Mar. 2017.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>