MENENTUKAN CADANGAN PREMI ASURANSI KESEHATAN INDIVIDU PERAWATAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE RETROSPEKTIF

  • Mirawati I. P. Hetharie Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Lexy J. Sinay Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura http://orcid.org/0000-0001-6311-8354
  • Marlon S. Noya van Delsen Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Asuransi kesehatan, Asuransi perawatan rumah sakit, Cadangan premi, Cadangan retrospektif

Abstract

Asuransi kesehatan individu perawatan rumah sakit merupakan asuransi yang memberikan santunan kesehatan kepada pihak tertanggung untuk membiayai pengobatan dan perawatan rumah sakit apabila ia terserang penyakit. Dari premi yang dibayarkan pihak tertanggung, perusahaan akan mengelolanya untuk mendanai biaya kesehatan dari pihak tertanggung. Perusahaan asuransi juga wajib mengelola cadangan preminya untuk menghindari terjadinya kerugian akibat klaim sebelum jatuh tempo. Perhitungan cadangan premi pada asuransi ini menggunakan metode retrospektif yang berorientasi pada pengeluaran di waktu lampau. Untuk menghitung cadangan premi terlebih dahulu dihitung premi bersih tahunan yang diperuntukan untuk keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak dengan menggunakan tabel CSO 1941 suku bunga 2,5%. Besarnya premi bersih tahunan semakin meningkat setiap tahunnya begitu pula dengan cadangan premi asuransi dengan lama masa pertanggungan selama 10 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ali, A. Hasyim., Bidang Usaha Asuransi, Bumi Aksara, Jakarta (1999).
[2] Futami, Takashi., Matematika Asuransi Jiwa, Bagian I. Terj. dari Seimei Hoken Sugaku, Jokan (“92 Revision), oleh Herliyanto, Gatot. Penerbit Incorporated Foundation Oriental Life Insurance Cultural Development Center, Japan, 1993.
[3] Destriani, Satyahadewi, N. & Mara, M.N., Penentuan Nilai Cadangan Prospektif pada Asuransi Jiwa Seumur Hidup Menggunakan Metode New Jersey. Buletin Ilmiah Mat.Stat dan Terapannya (BIMASTER), 03, pp.7-12, 2014.
[4] Sembiring, R.K., Buku Materi Pokok Asuransi I, Modul I. Penerbit Karunika Jakarta Universitas Terbuka, 1986.
[5] Workman, L.C., Mathematical Foundations of Life Insurance, 1994.
[6] Wilandari, Y., Asuransi Kesehatan Individu Perawatan Rumah Sakit. Jurnal Matematika, 73-78, 2007.
Published
2018-05-16
How to Cite
[1]
M. Hetharie, L. Sinay, and M. Noya van Delsen, “MENENTUKAN CADANGAN PREMI ASURANSI KESEHATAN INDIVIDU PERAWATAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE RETROSPEKTIF”, BAREKENG, vol. 12, no. 1, pp. 33-42, May 2018.

Most read articles by the same author(s)