PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 27 MALUKU TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL

  • Samsudin Mahu Universitas Pattimura
  • Tanwey Gerson Ratumanan Universitas Pattimura
  • Hanisa Tamalene Universitas Pattimura
Keywords: pendekatan contextual teaching and learning (ctl), hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X MIA SMA Negeri 27 Maluku Tengah. Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan tujuh komponen utama (contructivisme, inquiry, questioning, learing community, modeling, dan authentic assesment) merupakan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA1 SMA Negeri 27 Maluku Tengah yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan tes akhir pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatitif dan kuantitatif. Pada siklus I terdapat 13 orang yang mencapai nilai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu  ≥70 atau dengan persentase ketuntasan 48,14%, Sedangkan pada siklus II, terdapat 23 orang (85,18%) yang mencapai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA SMA 27 Maluku pada materi sistem persamaan linier tiga variabel

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasibuan, Idrus. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma. Vol. II, No.01 Januari 2014, 1-12.

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya Dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 3 Nomor 1, April 2006, 53-62.

Hidayat. N. (2014). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminahasa Kabupaten Gowa. Makasar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamaddiyah Makasar. Diunduh pada tanggal 16 Oktober 2020

Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching and Learning: what it is and why it’s here to stay (Ibnu Setiawan. Terjemahan). Bandung: MLC. Diunduh pada tanggal 24 Februari 2020

Karim, A. (2017.) Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) di SMPN 2 Teluk Jambe Timur Karawang. Jurnal Formatif 7(2), 2017, 144-152.

Lubis, E. A., & Sembiring, E. L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dengan Pemberian Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bahorok T.P 2017/2018, 9-16.

Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/ CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Purwanti, L. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuk Basung. Sumatra Barat. Jurnal STKIP SUMBAR. Media.neliti.com Diunduh pada tanggal 16 Oktober 2020

Ratumanan, T. G., & C. S. Ayal. (2018). Problem Solving Based Learning Model Alternative Model of Developing High Order Thinking. International Journal of Health Medicine and Current Research (IJHMCR) Vol. 3, Issue 02, June, 2018, pp.857-865.

Ratumanan, T. G., & Christi Mattitaputty. (2017). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Ratumanan, T. G., & Theresia Laurens. (2016). Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol 1, No 2 Desember 2016, hal. 146-154.

Sukinah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Tahun 2016, 190-204.

Suprianto, S. I. K., & Herman J. A. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Fisika. JPPI, Vol. 2, No. 2, Desember 2016, Hal. 166-175

Surata, I. K., I Gusti A. A. N. D. M. (2019). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi. Bioedusiana 4 (2) (2019), 114-121.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajaar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Tutuhatunewa, E. & Laurens, T. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pensil Komunika

Winarti. (2015). Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JPFK, Vol. 1 No. 1, Maret 2015: 1-8.

Published
2021-02-17
How to Cite
MahuS., RatumananT., & TamaleneH. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 27 MALUKU TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 3(2), 100-108. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp100-108

Most read articles by the same author(s)