PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 27 MALUKU TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X MIA SMA Negeri 27 Maluku Tengah. Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan tujuh komponen utama (contructivisme, inquiry, questioning, learing community, modeling, dan authentic assesment) merupakan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA1 SMA Negeri 27 Maluku Tengah yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan tes akhir pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatitif dan kuantitatif. Pada siklus I terdapat 13 orang yang mencapai nilai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu ≥70 atau dengan persentase ketuntasan 48,14%, Sedangkan pada siklus II, terdapat 23 orang (85,18%) yang mencapai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA SMA 27 Maluku pada materi sistem persamaan linier tiga variabel
Downloads
References
Hasibuan, Idrus. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma. Vol. II, No.01 Januari 2014, 1-12.
Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya Dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 3 Nomor 1, April 2006, 53-62.
Hidayat. N. (2014). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminahasa Kabupaten Gowa. Makasar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamaddiyah Makasar. Diunduh pada tanggal 16 Oktober 2020
Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching and Learning: what it is and why it’s here to stay (Ibnu Setiawan. Terjemahan). Bandung: MLC. Diunduh pada tanggal 24 Februari 2020
Karim, A. (2017.) Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) di SMPN 2 Teluk Jambe Timur Karawang. Jurnal Formatif 7(2), 2017, 144-152.
Lubis, E. A., & Sembiring, E. L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dengan Pemberian Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bahorok T.P 2017/2018, 9-16.
Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/ CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Purwanti, L. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuk Basung. Sumatra Barat. Jurnal STKIP SUMBAR. Media.neliti.com Diunduh pada tanggal 16 Oktober 2020
Ratumanan, T. G., & C. S. Ayal. (2018). Problem Solving Based Learning Model Alternative Model of Developing High Order Thinking. International Journal of Health Medicine and Current Research (IJHMCR) Vol. 3, Issue 02, June, 2018, pp.857-865.
Ratumanan, T. G., & Christi Mattitaputty. (2017). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Ratumanan, T. G., & Theresia Laurens. (2016). Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol 1, No 2 Desember 2016, hal. 146-154.
Sukinah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Tahun 2016, 190-204.
Suprianto, S. I. K., & Herman J. A. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Fisika. JPPI, Vol. 2, No. 2, Desember 2016, Hal. 166-175
Surata, I. K., I Gusti A. A. N. D. M. (2019). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi. Bioedusiana 4 (2) (2019), 114-121.
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajaar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Tutuhatunewa, E. & Laurens, T. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pensil Komunika
Winarti. (2015). Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JPFK, Vol. 1 No. 1, Maret 2015: 1-8.
Copyright (c) 2021 Samsudin Mahu, Tanwey Gerson Ratumanan, Hanisa Tamalene
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek) Posting Your Article Policy.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.