ANALISIS PETA POSITIONING UNTUK RESTORAN BERDASARKAN PERSEPSI PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING
STUDI KASUS: RESTORAN AMBON CITY CENTER PASSO
Abstract
Multidimensional Scaling (MDS) merupakan salah satu teknik peubah ganda yang dapat digunakan untuk menentukan posisi suatu objek berdasarkan penilaiannya kemiripannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi pelanggan terhadap restoran serta mengetahui kemiripan antara rumah makan berdasarkan atribut-atribut yang dijadikan objek penelitian.Teknik analisis yang digunakan adalah Multidimensional Scaling Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 30 responden. Hasil dari peta analisis Multidimensional Scaling dapat dilihat bahwa Mister Basso dan Rice Bowl memiliki tingkat kemiripan pada cita rasa, harga, dan fasilitas karena jarak yang saling berdekatan. Sedangkan untuk restoran Solaria, 77 Es teller dan Bakso Lapangan Tembak Senayan menempati posisi yang relatif saling berjauhan antar satu dengan yang lain yang berarti ketiga restoran tidak mempunyai kemiripan atau ketidakmiripan. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap responden juga menenjukan bahwa responden memiliki kesamaan sikap dalam menilai kemiripan masing-masing restoran.
Downloads
References
[2] A. Ries and J. Trout, Positioning : The Battle For Your Mind, Mc McGraw- Hill Education, 1981.
[3] Supranto, Analisis Multivariat : Arti dan Interpretasi, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
[4] Malhorta and K. Naresh, Marketing Research : An Applied Orientation, 5th ed., New Jersey: Pearson Education, Inc., 2004.
[5] D. Hair and dkk., Multivartiate Data Analysis, New Jersey: Pearson Education, 2006.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.