ANALISIS PETA POSITIONING UNTUK RESTORAN BERDASARKAN PERSEPSI PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING

STUDI KASUS: RESTORAN AMBON CITY CENTER PASSO

  • Ferry Kondo Lembang Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Angelia C. Leunupun Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Mozart W. Talakua Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Multidimensional scaling, positioning map

Abstract

Multidimensional Scaling (MDS) merupakan salah satu teknik peubah ganda yang dapat digunakan untuk menentukan posisi suatu objek berdasarkan penilaiannya kemiripannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi pelanggan terhadap restoran serta mengetahui kemiripan antara rumah makan berdasarkan atribut-atribut yang dijadikan objek penelitian.Teknik analisis yang digunakan adalah Multidimensional Scaling Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 30 responden. Hasil dari peta analisis Multidimensional Scaling dapat dilihat bahwa Mister Basso dan Rice Bowl memiliki tingkat kemiripan pada cita rasa, harga, dan fasilitas karena jarak yang saling berdekatan. Sedangkan untuk restoran Solaria, 77 Es teller dan Bakso Lapangan Tembak Senayan menempati posisi yang relatif saling berjauhan antar satu dengan yang lain yang berarti ketiga restoran tidak mempunyai kemiripan atau ketidakmiripan. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap responden juga menenjukan bahwa responden memiliki kesamaan sikap dalam menilai kemiripan masing-masing restoran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Kotler, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I, Jakarta: Erlangga, 2001.
[2] A. Ries and J. Trout, Positioning : The Battle For Your Mind, Mc McGraw- Hill Education, 1981.
[3] Supranto, Analisis Multivariat : Arti dan Interpretasi, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
[4] Malhorta and K. Naresh, Marketing Research : An Applied Orientation, 5th ed., New Jersey: Pearson Education, Inc., 2004.
[5] D. Hair and dkk., Multivartiate Data Analysis, New Jersey: Pearson Education, 2006.
Published
2016-03-01
How to Cite
[1]
F. Kondo Lembang, A. Leunupun, and M. Talakua, “ANALISIS PETA POSITIONING UNTUK RESTORAN BERDASARKAN PERSEPSI PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 10, no. 1, pp. 47-54, Mar. 2016.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3